RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Mata Pelajaran : fikih
Kelas/Semester : Dua/Satu
Pertemuan
Ke- :
Alokasi
Waktu :
@ 40 menit
Standar
Kompetensi :
2. Melaksanakan tata cara puasa
Kompetensi dasar :
2.1 menjelaskan
ketentuan puasa
2.2 menjelaskan macam-macam
puasa
Nilai-nilai
karakter bangsa : Religius (kegiatan awal
ketika berdoa)
·
Jujur (kegiatan inti ketika
mengerjakan LKS)
·
Disiplin (kegiatan inti
ketika mengerjakan LKS)
·
Kerja keras (kegiatan inti
ketika mengerjakan LKS)
·
Cinta damai (kegiatan inti
ketika berdiskusi)
·
Tanggung jawab (kegiatan
inti ketika mengerjakan LKS)
·
Rasa ingin tau (kegiatan
awal saat apersepsi)
Indikator :
2.1 menjelaskan ketentuan puasa dengan
benar
2.2 menjelaskan
macam-macam puasa dengan benar
I.Tujuan
pembelajaran :
melalui diskusi, siswa diharapkan mampu:
1. menjelaskan ketentuan-ketentuan puasa
2. menjelaskan macam-macam puasa
II.Materi ajar :
ketentuan puasa dan macam-macam puasa
III.Metode
dan model pembelajaran :a.Metode
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Cooperative learning methode
b. model pembelajaran
·
PAKEM
·
PAIKEM
·
GEMBROT
kegiatan
pembelajaran
Siantaks
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan awal
1.
Pengkondisian siswa
2.
Menginformasikan tujuan
pembelajaran dan orientasi
Pelajaran
3.
Menggali awal
pengetahuan siswa
|
-siswa bersama-sama dengan guru mulai pembelajaran
dengan berdo’a (religius) dan mengecek kehadiran di lanjutkan dengan
yel-yel/nyanyian
-siswa menyimak informasi dari guru tentang materi yang
akan di pelajari dan hasil belajar siswa yang di harapkan
-siswa menjawab pertanyaan yang di ajukan guru sebagai
awal pengetahuan siswa, misal :
Ø Siapa yang tahu syarat wajib puasa ?
Ø Siapa yang tahu rukun puasa ?
(rasa ingin tahu)
|
|
Kigiatan inti
1.
Eksplorasi
2.
Elaborasi
3.
Konfirmasi
|
ü siswa mendengarkan materi yang di sampaikan guru
ü siswa mengikuti arahan/petunjuk
ü siswa membaca pengertian puasa
ü siswa mengetahui syarat wajib, syarat sah dan rukun puasa
ü Siswa membentuk kelompok sesuai arahan/petunjuk dari guru
ü Setiap kelompok menerima tugas dan mendiskusikan di masing-masing
kelompok dengan pantauan guru
ü Siswa dengan nomor tertentu di panggil untuk menjelaskan pengertian puasa
ü Siswa menanggapi penjelasan pengertian puasa dan macam-macam puasa yang
di sampaikan siswa lainnya dari masing-masing kelompok
ü Siswa merespon atas kesimpulan yang di sampaikan guru
|
|
Kegiatan akhir
|
ü Siswa bersama-sama dengan guru mereflesikan materi pengertian puasa dam
macam-macam puasa, agar para siswa tahu apa itu syarat wajib, syarat sah dan
rukun puasa dan agar para siswa mengetahui puasa itu bukan hanya puasa wajib
tapi banyak puasa yang lainnya
ü Siswa menerima tugas mandiri dari guru sebagai bahan belajar di rumah
|
|
a.
sumber belajar
LKS fikih kelas VII semester ganjil
penilaian
Prosedur
|
jenis
|
bentuk
|
Postes
|
tulis
|
Pilihan ganda, uraian, essay
|
Instrumen soal
Indikator
|
Uraian
|
Tingkat
Kognitif
(C1,c6)
|
Kunci
|
Skor
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment